13/08/14

11 Pemanfaatan Gadget Edukatif

Berikut ini akan diuraikan tentang 11 Pemanfaatan Gadget Edukatif. Artinya pengguna gadget bisa memanfaatkan atau mengoptimalkan penggunaan gadget untuk bidang pendidikan. Apa sajakah itu? Ikuti uraiannya ....
11 Pemanfaatan Gadget Edukatif

Inilah 11 Pemanfaatan Gadget Edukatif.

  1. Mendukung perkembangan pendidikan - Menggunakan smartphone dan tablet (komputer kecil) memberikan siswa atau pelajar memiliki akses yang mudah terhadap pengetahuan. Tentunya hal ini dapat medukung dunia pendidikan. Siswa saat ini memiliki akses ke berbagai sumber mulai dari diagram, artikel, esai da informasi akademik yang meningkatkan prestasi siswa di dalam kelas.
  2. Interaksi - Sudah sama-sama diketahui bahwa ketika seorang guru menyoal kepada siswa atau dosen kepada mahasiswa, umumnya mereka akan menjadi gugup; seolah-olah dirinya dalam posisi yang sulit. Nah, dengan adanya mobie learning, komunikasi antara guru dengan siswa atau dosen dengan mahasiswa menjadi lebih cair atau mudah. Bahkan siswa atau mahasiswa yang pemalu terdorong untuk berkomunikasi dengan lebih terbuka da interaktif saat proses belajar-mengajar berjalan. Guru pun dapat menggunakan perangkat mobile untuk berinteraksi dengan siswa yang membutuhkan perhatian khusus.
  3. Manajemen atau pengelolaan -  Takada siswa yang memiliki kemampuan setara satu dengan yang lainnya. Masing-masing akan memiliki caranya sendiri dalam menyerap informasi. Setiap siswa memerlukan pedagogi atau strategi untuk belajar yang berbeda. Melalui mobile learning, siswa akan dengan mudah mudah belajar dengan caranya sendiri. Mereka dapat melakukan kegiatan belajar dengan privasi yang nyaman serta enjoy dalam belajar.
  4. Akses yang luas - Selain memiliki akses pendidikan online dengan menggunakan smartphone dan tablet, siswa saat ini memiliki akses dengan leluasa menuju pakar pengetahuan. Siswa dapat dengan mudah memperoleh referensi untuk bahan bacaannya dengan cara membaca ulasan atau artikel dari blog para pakar di bidangnya sesuai dengan disiplin ilmu yang dipelajari oleh si pengguna gadget dalam hal ini siswa atau mahasiswa.
  5. 11 Pemanfaatan Gadget Edukatif

  6. Membantu pendidikan bagi siswa dengan kekurangan fisik - Gadget saat ini semakin banyak saja variannya; bahkan masih terus saja hadir produk terbaru baik yang umum ataupun gadget islami. Begitu pula gadget yang diperuntukkan bagi mereka yang takmemiliki kemampuan belajar. Artinya, bagi mereka yang memiliki kebutuhan khusus (difabel-different abilty people) pun penggunaan gadget kini dipermudah. Sekarang ini banyak ditemukan aplikasi yang membantu kegiatan belajar bagi siswa atau mahasiswa yang masuk ke dalam kategori ketidakmampuan belajar dan gangguan fisik alias difabel, sehingga kesempatan belajarnya akan sama dengan mereka yang belajar dengan normal.
  7. Media interaktif - Gadget bisa dimanfaatkan untuk media belajar interaktif, anak-anak saat bisa belajar dengan cepat dan menyenangkan dengan menggunakan gadget. Mulai dari belajar mengenal warna, abjad atau huruf, penyusunan huruf hingga merangkai kata dan kalimat.
  8. Audio visual - Kemampuan mengolah dan menampilkan audio visual atau multimedia pada gadget dapat digunakan untuk memberikan penjelasan atau pengajaran kepada siswa dengan cepat, mudah serta menarik.
  9. Materi ajar dengan suara rekaman - Banyak aplikasi gadget yang memiliki fungsi sebagai alat perekam suara dan gambar. Sehingga materi yang diberikan saat mengajar dapat diulang berkali-kali tanpa melelahkan. Hal ini sangat bermanfaat sebagai media pengajaran, khususnya bagi siswa yang relatif lambat dapat menangkap pelajaran.
  10. Evaluasi Tryout Online - e-tryout merupakan aplikasi latihan soal yang bisa didapatkan dengan mudah oleh para siswa mulai dari SD, SMP, SMA hingga mahasiswa, bahkan CPNS untuk latihan ujian menjawab soal. Aplikasi e-tryout yang dikembangkan oleh pengembang (developer) lokal ini terbilang lengkap; semua pelajaran dan bab sesuai dengan kurikulum Diknas dan Depag. Tidak saja siswa, aplikasi e-tryout bisa juga digunakan untuk pengguna umum, mulai dari soal ujian bahasa asing, ujian profesi, psikotes, hingga ujian teori SIM. Tahukah Anda? Sudah ada aplikasi e-Tryout yang menyediakan soal sebanyak 400 ribu lebih yang siap untuk diunduh. Bahkan, pengembangan atau pembuatannya melibatkan lebih kurang dari 35 guru profesional dan masih terus bertambah jumlahnya. Aplikasi e-Tryout untuk OS Android dan perangkat PC Windows inipun sesuai dengan standard pendidikan di Indonesia yang melibatkan diknas dan depag.
  11. Kamus elektronik - Kamus elektronik adalah kamus yang berbasis komputer namun bisa dibawa kemana-mana alias mobile. Meskipun ukurannya yang compact, kamus ini dilengkapi dengan CD-ROM guna menjadi server atau penampung kosakata baru yang bisa dengan mudah ditambahkan oleh si pengguna. Hal lain yang terdapat di dalam kamus elektronik ini adalah pemeriksa ejaan atau spelling-checker. Pada saat ini sudah lumrah, setiap produk kamus elektronik memiliki kemampuan menerjemahkan banyak sekali bahasa di dunia, meskipun tidak seakurat dalam menerjemahkan bahasa Inggris.
  12. Perpustakaan digital - Ada banyak sekali keunggulan dari perpustakaan digital, antara lain:
    • Long distance service - dengan begini, pengguna perpustakaan digital sudah takmengenal batas ruang dan waktu. Pengguna bisa memperoleh layanan sepuasnya kapan saja dan di mana saja.
    • Kemudahan akses - Akses perpustakaan digital lebih mudah dibandingkan dengan perpustakaan konvensional. Pasalnya, pengguna tidak dipusingkan dengan pencarian katalog yang biasanya lama. 
    • Cost effective (Murah) - Perpustakaan digital takmemerluka biaya yang banyak. Digitalisasi dokumen perpustakaan terbilang murah dibandingkan dengan membeli buku.
    • Mencegah duplikasi atau plagiasi - Perpustakaan digital terbilang aman, sehingga takmudah untuk dijiplak. Penggunaan pdf, misalnya - koleksi perpustakaan hanya bisa dibaca oleh pengguna tanpa bisa mengeditnya (copy paste).
    • Publikasi secara global - dengan adanya perpustakaan digital, hasil karya dapat dipublikasikan secara luas (global) ke seluruh dunia dengan bantuan internet.

Kesimpulan:

Dengan keberadaan gadget saat ini, khususnya smartphone, seharusnya produktivitas penggunanya bisa lebih optimal, bukan sebaliknya. Manfaat dari gadget bukan berdasarkan harga atau kecanggihannya, melainkan kemampuan si pengguna dalam memaksimalkan atau mengoptimalkan fungsi gadget.

Demikianlah sekilas artikel tentang 11 Pemanfaatan Gadget Edukatif. Semoga bermanfaat :)   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar